PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL PADA ANAK KECENDERUNGAN PASIF DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PERLINDUNGAN DAN PELAYANAN SOSIAL PETIRAHAN ANAK (UPT PPSPA) BATU

Authors

  • Zulia Habib Maulidah Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pekerja sosial untuk meningkatkan keterampilan
interpersonal anak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil dari
peneltian, bahwa peran pekerja sosial yaitu mendampingi, mengarahkan dan membimbing anak dalam
mengembangkan keterampilan iterpersonalnya pada anak kecenderungan pasif. Keterampilan
interpersonal yaitu keterampilan yang dimiliki oleh sesorang untuk menggali dan merespon secara layak
perasaan, sikap dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain. Manfaat dari keterampilan
interpersonal yaitu memberikan keuntungan bagi seseorang dalam dalam menjalani kehidupan seharihari.
Dalam proses mengembangkan keterampilan interpersonal anak, pekerja sosial memberikan
layanan bimbingan sosial pada anak dalam kurun waktu 25 hari. Hasil dari penelitian ini, bahwa proses
meningkatkan keterampilan interpersonal pada anak kecenderungan pasif melalui berbagai cara, seperti
metode role playing, menjadikan klien sebagai kelompok kerja,memberlakukan reward dan punishment,
memberikan rangsangan supaya klien berani mengungkapkan pendapatnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-12-29

How to Cite

Maulidah, Z. H., & Nugroho, R. (2020). PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL PADA ANAK KECENDERUNGAN PASIF DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PERLINDUNGAN DAN PELAYANAN SOSIAL PETIRAHAN ANAK (UPT PPSPA) BATU. J+PLUS UNESA, 9(2), 104–114. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42385
Abstract views: 60

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>