Peran Pengasuh dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 3-5 Tahun di Panti Asuhan Kasih Agape Pakis Kota Surabaya

Authors

  • Kristin Hana Kezia Universitas Negeri Surabaya
  • Gunarti Lestari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pengasuh adalah orang yang mempunyai kewajiban memberikan perlindungan, kasih sayang, serta mengajarkan kepada anak-anak asuh untuk berinteraksi sosial agar nanti menjadi bekal untuk dirinya sendiri dan juga diharapkan mampu mengontrol perkembangan emosionalnya agar kelak menjadi anak yang memiliki empati, simpati, dan juga tentunya kepribadian yang baik. Salah satu lembaga non formal yang memberikan itu adalah panti asuhan kasih agape Pakis Kota Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganilis peran pengasuh dan perkembangan sosial emosional anak di panti asuhan kasih agape pakis kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, informan penelitian ini ada pengasuh dan kepala yayasan. Data yang dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengasuh menjalankan perannya secara optimal melalui interaksi afektif, pendampingan kegiatan harian, dan pembiasaan sosial yang mendukung kesadaran diri, pengendalian emosi, dan keterampilan sosial anak. Perilaku pengasuh terbukti menjadi model penting dalam membentuk perkembangan sosial emosional anak usia dini di lingkungan panti. Peran perilaku dan komunikasi interaksi sosial menjadi faktor dominan dalam proses stimulasi tersebut. Penelitian ini menegaskan pentingnya pelatihan dan evaluasi rutin untuk meningkatkan kualitas pengasuhan di panti asuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-13

How to Cite

Kristin Hana Kezia, & Lestari, G. (2025). Peran Pengasuh dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 3-5 Tahun di Panti Asuhan Kasih Agape Pakis Kota Surabaya . J+PLUS UNESA, 14(2), 192–196. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/71196
Abstract views: 16 , PDF Downloads: 6