PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIPLICATION STICK BOX PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN KELAS III SEKOLAH DASAR

  • NUR ARIMA
  • DELIA INDRAWATI

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan serta kevalidan media pembelajaran Matematika Multiplication Stick Box pada materi operasi hitung perkalian kelas III sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation dan evaluation). Hasil penelitian menunjukan media Multiplication Stick Box valid dengan perolehan nilai 80% dari validator ahli materi dan 82,5% dari validator ahli media. Dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran Multiplication Stick Box dapat dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaaran Matematika materi operasi hitung perkalian.

Kata Kunci: pengembangan, media, multiplication stick box

This development research aims to determine the development process and the validity of the learning medium of Mathematics Multiplication Stick Box for multiplication count operation of III grade class on elementary school. The type of this research used development research with model of ADDIE (analyze, design, development, implementation and evaluation). The result shows that Multiplication Stick Box medium with acquisition value of 80% from material expert validator and 82,5% from medium expert validator. It can be concluded that the Multiplication Stick Box learning medium can be declared feasible and can be used in the learning process of Mathematics material operations count multiplication.

Keywords: development, media, multiplicatin stick box

Published
2018-07-11
Section
Articles
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 499