Analisis Buku Teks Tematik Berorientasi Muatan Sustainable Development di Sekolah Dasar

  • ANINDHIA RACHMADANTI
  • GANES GUNANSYAH

Abstract

Sustainable Development ialah sebuah visi pembangunan yang fokus pada berbagai aspek kehidupan dengan harapan agar segala aspek kehidupan saat ini juga dapat dirasakan oleh generasi berikutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui muatan Sustainable Development apa saja yang terdapat pada pembelajaran tematik dan bagaimana pengintegrasiannya, utamanya di tingkat sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah analisis isi kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep Sustainable Development sudah diterapkan dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 di sekolah dasar, dimana konsep yang paling banyak diterapkan dalam pembelajaran adalah keberlanjutan sosial dengan presentase 53%, kemudian keberlanjutan lingkungan sebesar 24%, keberlanjutan ekonomi sebanyak 15%, dan keberlanjutan pembangunan inklusif dan pemanfaatannya sebanyak 8%, hasil pengintegrasian seluruh konsep hanya menunjukkan 0.1%. 30% penerapan konsep Education for Sustainable Development dalam pembelajaran mengedepankan aspek kognitif, dan juga terdapat 24% pembelajaran yang telah mengintegrasikan aspek kognitif, afekfif, dan behavior.
Published
2020-06-14
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 82