PENGEMBANGAN MEDIA JUMANJI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Enggar Dewi Oktasavira Universitas Negeri Surabaya
  • Fx Mas Subagio

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media visual berupa papan permainan Jumanji pada pembelajaran tematik dan menguji tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan aspek kevalidan dan kepraktisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Proses penelitian ini tidak dapat dilakukan di lapangan dikarenakan adanya pandemi covid 19 sehingga uji kepraktisan hanya dilakukan kepada guru kelas IV sebagai subjek uji coba. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa media Jumanji mendapatkan presentase kevalidan media sebesar 86% dengan kategori sangat valid, sedangkan untuk kevalidan materi mendapatkan presentase sebesar 84% dengan kategori sangat valid, serta untuk kepraktisan media mendapatkan presentase sebesar 98% dengan kategori sangat baik dan praktis. Berdasarkan hasil validasi dan kepraktisan yang diperoleh, pengembangan media Jumanji pada pembelajaran tematik dinyatakan valid dan layak sebagai media untuk diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar.

Kata Kunci: Pengembangan, Jumanji, Tematik

 

This research aims to develop of visual media in the form of Jumanji board games on the thematic learning and test the eligibility level of learning media based on validity and practicality aspect. The type of this research is development of research (Research and Development) that used ADDIE model with using qualitative and quantitative model. This research consist of 5 steps such as Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. This research process couldn't be done directly due to the Covid 19 pandemic, so the practicality test only to teachers from IV grades as test subject. The result of development research indicate that Jumanji as media get validity percentage in the amount of 86% with very valid category, while for validity of the material get percentage in the amount of 84% with very valid category then for practicality media get validity percentage in the amount of 98% with very good and practical. Based on the result validity and practicality that obtained,  the development of Jumanji media on thematic learning is declared valid and decent as media that can be implemented on teaching and learning activity.

Keywords: Development, Jumanji, Thematic

Published
2020-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 129
PDF Downloads: 111