PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses mengukur kevalidan, kepraktisan media komik interatif serta peningkatan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor untuk siswa kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Namun dalam uji cobanya hanya dilakukan dengan skala kecil akibat adanya pandemi covid-19. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen validasi media, materi, bahasa, instrumen angket respon siswa dan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata validasi media, materi dan bahasa adalah 87,1% kepraktisan media adalah 91,5% dan peningkatan hasil belajar adalah 0,65 secara klasikal. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media komik interaktif valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA materi perpindahan kalor.
Kata Kunci: media pembelajatan, komik, perpindahan kalor.