PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hida Arifah Universitas Negeri Surabaya
  • Suryanti M.Pd

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses mengukur kevalidan, kepraktisan media komik interatif serta peningkatan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor untuk siswa kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Namun dalam uji cobanya hanya dilakukan dengan skala kecil akibat adanya pandemi covid-19. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen validasi media, materi, bahasa, instrumen angket respon siswa dan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata validasi media, materi dan bahasa adalah 87,1% kepraktisan media adalah  91,5% dan peningkatan hasil belajar adalah 0,65 secara klasikal. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media komik interaktif valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA materi perpindahan kalor.

Kata Kunci: media pembelajatan, komik, perpindahan kalor.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-26

Issue

Section

Articles
Abstract views: 502 , PDF Downloads: 354