IDENTIFIKASI PENGARUH KERAGAMAN KULTURAL TERHADAP KESULITAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING DI SEKOLAH DASAR

  • indira laksmita utari Universitas Negeri Surabaya
  • Ulhaq Zuhdi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang cara pandang serta pengalaman peneliti, guru Bahasa Inggris sekolah dasar , peserta didik, dan wali peserta didik mengenai kesulitan dalam proses belajar Bahasa Inggris serta hubungannya dengan faktor kultural, serta mencari alternatif pembelajaran Bahasa Inggris dikaitkan dengan kultur agar pembelajaran Bahasa Inggris lebih mudah. Penelitian ini berjenis penelitian transformatif multiparadigma yang menggunakan teknik Writing Critical Auto|ethnography Inquiry, Writing as Inquiry, wawancara berbasis postmodern interview, dan kajian dokumen dan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keterkaitan antara kultur dengan proses belajar mengajar Bahasa Inggris, serta dengan adanya eksplorasi kultur dan mengaitkannya dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris, dapat dijadikan referensi baru dalam upaya memudahkan pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar.
Kata Kunci: Bahasa Inggris, bahasa asing, kultur, proses belajar bahasa, sekolah dasar.
Abstract

This study discusses the perspective and experiences of researcher, elementary school English teachers, students, and parents about English, its difficulties in the process of learning English and its relevancy with cultural factors, and searching alternatives for English learning process that can be related with culture so that learning English will be easier. This research is a multi-paradigm transformative research that uses Writing Critical Auto | ethnography Inquiry, Writing as Inquiry, postmodern interview based interviews, and document and literature review. The results of this research indicate that researcher and teachers find a relation between culture and English learning process, and by exploring existing cultures and relating them in the process of learning English can be used as new references in an effort to make learning English in elementary schools easier.
Keywords:. English, foreign languages, culture, language learning processes, elementary school.

Published
2020-09-23
Section
Articles
Abstract Views: 450
PDF Downloads: 674