PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS LMS MOODLE GEOMETRIKUY MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG KELAS VI SEKOLAH DASAR

  • Diajeng Prameswari Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Wiryanto, M.Si.

Abstract

Pengembangan yang telah dilakukan oleh peneliti berawal dari adanya masalah kurangnya referensi guru dalam membuat media pembelajaran jarak jauh di masa pandemi dan kesulitan belajar yang dialami peserta didik pada mata pelajaran matematika materi menghitung luas permukaan bangun ruang. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media e-learning berbasis Learning Management System (LMS) moodle hingga dinyatakan layak dengan kualifikasi valid dan praktis. Penentuan tingkat kevalidan media ditentukan berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan tingkat kepraktisan ditentukan berdasarkan respon pengguna melalui kuesioner guru dan peserta didik. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menunjukkan persentase dari hasil uji validasi dan hasil kuesioner. Hasil uji validasi menunjukkan persentase kevalidan materi sebesar 93,75%, kevalidan media sebesar 72,72%, kuesioner guru sebesar 90% dan kuesioner siswa sebesar 98%. Berdasarkan hasil analisis penelitian, maka disimpulkan bahwa media e-learning berbasis LMS moodle adalah valid dan praktis dan dapat digunakan dalam pembelajaran menghitung luas permukaan bangun ruang kelas VI Sekolah Dasar.

Kata Kunci: e-learning, LMS, moodle, luas permukaan, bangun ruang

Published
2021-01-17
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 126