PENGEMBANGAN E-POCKETBOOK BERINTEGRASI KAHOOT MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS V SD

  • erika mei rosalinda Universitas Negeri Surabaya
  • mintohari mintohari

Abstract

Abstrak

Pesatnya penyebaran wabah covid-19 menyebabkan pemerintah Indonesia terpaksa menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh dengan segala risikonya, sehingga kreatifitas dan inovasi guru dalam menyediakan media pembelajaran menjadi hal yang sangat krusial. Penelitian ini mencari alternatif media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik belajar dari rumah dengan menyenangkan melalui pemanfaatan bantuan kuota belajar dari pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media e-pocketbook berintegrasi kahoot pada materi sistem peredaran darah manusia kelas V SD yang dinyatakan layak ditinjau dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Model pengembangan yang digunakan yaitu 4D yaitu define, design, develop, tanpa disseminate. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode validasi, angket guru dan siswa, serta tes hasil belajar melalui uji coba terbatas pada 20 peserta didik di SDN 7 Babat menggunakan one group pretest-posttest design. Hasil validasi media memperoleh persentase sebesar 100% dan validasi materi sebesar 92,7% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan dari segi respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 96% dan dari guru sebesar 96,3% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media diperoleh berdasarkan persentase ketuntasan belajar sebesar 85% dengan kategori sangat efektif dan N-Gain senilai 0,69 termasuk kategori sedang. Sehingga, e-pocketbook berintegrasi kahoot materi sistem peredaran darah manusia layak digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung terjadinya peningkatan kinerja akademis.

Kata Kunci: pengembangan, e-pocketbook, kahoot, sistem peredaran darah manusia.

Published
2021-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 93 PDF Downloads: 0