PENGEMBANGAN BUKU INTERAKTIF "PERJALANAN MENGENAL NILAI PANCASILA" SEBAGAI UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA SD DI LINGKUNGAN KELUARGA

  • Cindy Fiola Cesarria Universitas Negeri Surabaya
  • Hendrik Pandu Paksi

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan Buku Interaktif mengenai materi lambang dan nilai- nilai Pancasila untuk siswa usia Sekolah Dasar sebagai suatu upaya penginternalisasian nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga. Penelitian pengembangan Buku Interaktif ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 4 tahapan pengembangan. Pada setiap tahapannya dilakukan proses evaluasi. Pengumpulan data menggunakan angket, kuisioner, dan wawancara. Subjek uji coba calon pengguna dalam penelitian ini berjumlah empat orang yang meliputi satu orang siswa SD kelas awal (kelas II), satu orang siswa SD kelas tinggi (kelas V),  dan orang tua/wali murid dari kedua orang siswa tersebut. Penelitian ini mengembangkan produk berupa Buku Interaktif yang berjudul “Perjalanan Mengenal Nilai Pancasila”. Hasil validasi media dalam penelitian memperoleh persentase sebesar 87% yang dikategorikan sangat valid, dan hasil validasi materi memperoleh hasil persentase sebesar 97% yang dapat dikategorikan sangat valid. Hasil penelitian pada kelayakan media yang diperoleh dari angket respon siswa menunjukkan hasil sebesar 91% yang berkategori sangat layak, dan hasil angket respon orang tua mendapatkan hasil sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan data penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Buku Interaktif “Perjalanan Mengenal Nilai Pancasila” layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam penginternalisasian nilai-nilai Pancasila pada siswa Sekolah Dasar di lingkungan keluarga.

Kata Kunci : Pengembangan, Buku Interaktif, Nilai-nilai Pancasila, Lingkungan Keluarga.

Published
2021-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 116