EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA CANDI PARI SIDOARJO BERDASARKAN KONSEP GEOMTERI DI SEKOLAH DASAR

  • aniek nur lailil mufaricha Universitas Negeri Surabaya
  • delia indrawati

Abstract

Nilai-nilai budaya kearifan lokal daerah setempat dapat dikaitkan dengan pembelajaran matematika berbasis budaya lokal yang dikenal dengan etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan konsep geometri yang ada di Candi Pari Sidoarjo melalui kegiatan eksplorasi yang dilakukan oleh peneliti. Eksplorasi etnomatematika pada Candi Pari ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, kajian studi literatur dan wawancara. Penelitian ini melalui 4 tahapan yaitu tahap penelitian pendahuluan dengan mencari studi literatur, tahap persiapan dengan menyiapkan instrumen dan validasi instrumen yang akan digunakan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis data. Hasil penelitian menjelaskan: (1) adanya konsep geometri dalam Candi Pari di Sidoarjo yang meliputi bangun datar (persegi, persegi panjang, trapesium, lingkaran dan segitiga) serta bangun ruang (balok dan limas); (2) konsep geometri yang ditemukan dalam Candi Pari dapat dimanfaatkan sebagai alternatif sumber pembelajaran matematika berbasis budaya lokal, dimana siswa akan diajak mempelajari sejarah Candi Pari dan khususnya konsep geometri untuk memudahkan siswa mengetahui konsep lebih mendalam.

Kata Kunci: etnomatematika, Candi Pari, geometri, pembelajaran matematika

Published
2021-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 204
PDF Downloads: 141