NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TARI KANG POTRO PONOROGO DAN RELEVANSINYA TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR

  • Rizka Latifatul Mustafidhah Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Rachmadyanti

Abstract

Pendidikan karakter dapat dilakukan melalui berbagai media salah satunya dengan media kesenian tanpa terkercuali yaitu seni tari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Tari Kang Potro Ponorogo dan relevansinya terhadap perilaku sosial siswa sekolah dasar. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode naratif. Dengan teknik ini, yang menjadi informan atau subjek dalam penelitian adalah: Pencipta Tari Kang Potro Ponorogo Bapak Shodig Pristiwanto dan guru kelas 5 SD Negeri 2 Bancangan Ponorogo sekaligus pelatih Tari Kang Potro Ibu Vivit Ari Yuwana. Sedangkan objek penelitiannya adalah Tari Kang Potro Ponorogo.  Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan informan sementara data sekunder diperoleh dari observasi, arsip serta dokumen. Triangulasi teknik dalam pengujian kredibilitas data dengan melakukan banding terhadap teknik yang digunakan untuk memperoleh data dari beberapa sumber yang sama. Digunakan analisis interaktif tiga komponen untuk analisis data pada penelitian ini. Tiga komponen meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Tari Kang Potro Ponorogo memuat nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat diterapkan dalam kehidupan. Nilai-nilai tersebut yaitu tanggungjawab, kejujuran dan amanah, hormat dan santun, tolong menolong dan gotong royong atau kerja sama, baik dan rendah hati, toleransi dan kesatuan.  Nilai-nilai tersebut memiliki keterkaitan terhadap perilaku sosial siswa sekolah dasar. Relevansinya yaitu nilai-nilai tersebut bisa dikembangan untuk memperbaiki pola perilaku sosial pada siswa SD yang masih kurang yaitu pola perilaku kerja sama, empati dan dukungan sosial.

Kata Kunci: pendidikan karakter, tari kang potro ponorogo, perilaku sosial.

 

Published
2021-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 134