Pengembangan Media Game Edukasi “AYPAI” Ayo Panca Indera Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA Materi Panca Indera Manusia untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • Pramudya Ajeng Pangesti Universitas Negeri Surabaya
  • Suryanti Suryanti

Abstract

Penelitian ini didasari oleh observasi penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi panca indera manusia di SDN I Gombang dan SDN II Gombang yang belum bervariatif terlebih di masa pandemi Covid-19, guru semakin kesulitan dalam menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media game edukasi “AYPAI” Ayo Panca Indera berbasis android bagi siswa kelas IV sekolah dasar mata pelajaran IPA materi panca indera manusia untuk membantu belajar siswa dan memberi guru variasi media yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar baik saat daring maupun saat luring. Peneltian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation), yang layak dilihat dari valid, praktis, dan efektif. Uji coba terbatas dilakukan dengan teknik sampling jenuh siswa kelas IV SDN II Gombang sejumlah 13 siswa. Dengan hasil validasi menunjukkan persentase 97,14% untuk validasi media yang dikategorikan media sangat valid, 87,27% untuk validasi materi yang juga dikategorikan materi sangat valid. Hasil uji kepraktisan media menunjukkan persentase angket guru 96% dikategorikan sangat praktis dan dari angket siswa 90,9% sangat praktis. Hasil keefektifan media dari uji pretest-posttest dihitung menggunakan rumus N-Gain menunjukkan nilai 0,55 dikategori sedang dan persentase ketuntasan belajar menunjukkan 84,6% sangat baik, sehingga media AYPAI dinyatakan layak digunakan menjadi media pendukung untuk membantu siswa kelas IV memahami pembelajaran IPA materi panca indera manusia.

Kata Kunci: game edukasi, AYPAI, ilmu pengetahuan alam, panca indera manusia.

Published
2021-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 190
PDF Downloads: 90