PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PINTAR PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS 5 SEKOLAH DASAR

  • Muhammad Faris Rafi'uddin Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto Julianto

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media Kartu Pintar pada materi perubahan wujud benda di kelas 5 SD. Kartu Pintar adalah sebuah media pembelajaran berbentuk kartu yang mana pemainnya dapat belajar sekaligus bermain. Media Kartu Pintar berisi mengenai pengertian, contoh, dan percobaan cara membuat perubahan wujud benda. Penelitian mengenai  pengembangan media kartu pintar ini menggunakan metode ADDIE yang terbagi dalam 5 tahap yaitu analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluate). Penelitian pengembangan media Kartu Pintar ini dilaksanakan dengan membuat kelompok belajar yang beranggotakan peserta didik kelas 5 SD sejumlah 7 anak karena pada saat pandemi seperti saat ini semua sekolah masih melakukan pembelajaran secara daring, jadi semua sekolah tidak diperbolehkan melakukan aktivitas di sekolah. Teknik analisis yang digunakan dalam pengambilan data penelitian pengembangan ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan analisis dari data validasi serta analisis dari data angket. Kevalidan dari media ini mendapatkan skor 88% dengan kategori sangat valid dan kevalidan materi mendapatkan skor 74% dengan kategori valid.  Kepraktisan media Kartu Pintar memperoleh skor 87,67% dengan kategori sangat baik. Keefektifan media diketahui dari persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 85,7% dengan N-Gain 0,44.Berdasarkan hasil dari penelitian pengembangan ini bisa disimpulkan yaitu media Kartu Pintar sangat baik dan layak digunakan selama pembelajaran materi perubahan wujud benda di kelas 5 SD.

Kata Kunci: IPA, Pengembangan, Kartu, Wujud Zat.

Published
2021-06-03
Section
Articles
Abstract Views: 974
PDF Downloads: 449