Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis ICT melalui Ispring Quizmaker Materi Pengukuran Sudut di SD kelas IV

  • Arik Anggraeni Handriyanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang timbul pada guru kelas IV ketika melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran matematika yang menggunakan cara konvensional sehingga kurang efektif. Permasalahan ini diperlukan pernyelesaian berupa evaluasi pembelajaran yang interaktif serta berbasis ICT untuk memberikan kemudahan bagi guru dalam membuat soal evaluasi pembelajaran dan mengoreksi jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pengembangan evaluasi pembelajaran matematika berbasis ICT melalui Ispring Quizmaker materi pengukuran sudut di SD kelas IV (2) Mengetahui kevalidan pengembangan evaluasi pembelajaran matematika berbasis ICT melalui Ispring Quizmaker materi pengukuran sudut di SD kelas IV (3) Mengetahui kepraktisan pengembangan evaluasi pembelajaran matematika berbasis ICT melalui Ispring Quizmaker materi pengukuran sudut di SD kelas IV. Penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) dan menggunakan model ADDIE. Pada penelitian tersebut diperoleh hasil dari validator ahli materi dengan persentase 88% (Sangat Valid), hasil dari validator ahli media dengan persentase 92,2% (Sangat Valid), dan hasil uji coba produk secara terbatas menggunakan angket respon yang diberikan kepada peserta didik mendapatkan persentase sebesar 93,75% (Sangat Praktis). Berdasarkan hasil dari validasi dan uji coba, dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran matematika berbasis ICT melalui Ispring Quizmaker sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan pada kelas IV di Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Ispring, pengukuran sudut, pengembangan, evaluasi

Published
2021-06-05
Section
Articles
Abstract Views: 155
PDF Downloads: 76