EFEKTIVITAS PERMAINAN FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA DI KELAS III SDN PAMOTAN II

  • Wiwid Febrian Ekaputri Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Subrata

Abstract

Proses pembelajaran yang menarik, melibatkan siswa serta menunjang pemahaman siswa merupakan hal yang sangat penting bagi seorang Guru. Sehingga perlu diterapkannya sebuah jembatan khusus untuk mencapai tujuan tersebut. Penggunaan media dengan kategori permainan akan membuat siswa lebih memahami tentang penulisan Aksara Jawa, karena dengan bermain sambil belajar akan menumbuhkan sikap kepedulian siswa terhadap materi yang diterima. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 15 siswa kelas III SDN Pamotan II. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, pengisian kuisioner, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi, proses pembelajaran menulis Aksara Jawa mengalami peningkatan dalam hasil belajar yang dicapai siswa. Dalam proses penerapan permainan Flashcrad siswa aktif dalam menjawab Aksara Jawa pada Flashcard serta meningkatnya kreativitas siswa dalam menyusun kalimat sederhana. Motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Aksara Jawa juga meningkat dibandingkan pembelajaran sebelum penerapan permainan Flashcard.

 

Kata Kunci: Permainan Flashcard, Menulis Aksara Jawa

Published
2021-06-09
Section
Articles
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 70