VALIDITAS BAHAN AJAR MATERI KOSAKATA GEOGRAFIS BERMEDIA DENAH LOKASI SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING

  • Adelia Permata Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Sukartiningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan bahan ajar kosakata geografis bermedia gambar denah lokasi yang dikembangkan untuk siswa kelas II sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis data yang digunakan pada penelitian ini ada dua, yaitu menggunakan hasil validasi dan angket respon untuk memperoleh data kuantitatif, serta masukan dan saran ahli materi, media, guru kelas sebagai data kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil analisis data validasi bahan ajar oleh ahli materi yaitu 86,25%, hasil analisis data validasi media pembelajaran oleh ahli media yaitu 85,93%, hasil analisis data validasi bahan ajar oleh guru kelas 90%, serta hasil analisis data angket respon oleh 5 siswa kelas II yaitu 89%. Hasil dari validasi tersebut dalam kategori sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci : validitas, bahan ajar, kosakata geografis, media denah lokasi sederhana

Published
2021-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 63