PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM DARING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Envira Putri Poernawan Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryanto Wiryanto

Abstract

Pandemi covid-19 memberikan dampak yang cukup besar terhadap beberapa aspek dalam kehidupan di dunia termasuk negara Indonesia, salah satu aspek yang terdampak adalah pendidikan. Pendidikan di Indonesia sebelum adanya pandemi covid-19 dalam proses pembelajarannya dilaksanakan secara tatap muka dimana pendidik dan peserta didik dapat berinteraksi secara langsung, namun saat ini proses pembelajaran harus disesuaikan agar tingkat korban akibat pandemi dapat ditekan. Alternatif yang diterapkan dalam proses pembelajaran saat ini adalah pembelajaran jarah jauh atau daring learning. Penerapan daring learning dilaksanakan dengan memanfaatkan aplikasi yang terdapat pada perangkat lunak guna mencapai tujuan pembelajaran dalam hal penelitian ini dapat dilihat dari hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pemberian tugas dalam daring learning terhadap hasil belajar matematika pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA dan IVB di SDN Geluran 1 yang berjumlah 64. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Hasil perhitungan uji t menunjukan besar nilai t hitung adalah 0,867. Hasil tersebut menunjukkan t hitung > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas dalam daring learning tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika.

Kata Kunci: Pandemi Covid-19,  Pemberian Tugas dalam Daring Learning, Hasil Belajar Matematika

Published
2021-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 405
PDF Downloads: 215