PENGEMBANGAN MODUL PIONERING BERBASIS LEARNING BY DOING UNTUK PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DI KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Andika Cahyadi Universitas Negeri Surabaya
  • Delia Indrawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul pionering dan mengetahui kelayakan modul pionering berbasis learning by doing, serta mengetahui respon pengguna terhadap kepraktisan modul pionering berbasis learning by doing untuk pembelajaran bangun ruang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan mengacu pada model ADDIE (analysis, design, develop, implement, evaluation) yang terdiri atas 5 tahapan. Kevalidan modul diketahui dari hasil validasi ahli materi yang mendapatkan persentase sebesar 86,67% dan validasi ahli media yang mendapatkan persentase  sebesar 95%. Respon pengguna terhadap kepraktisan diketahui dari hasil respon peserta didik pada uji coba perorangan sebesar 87,5% dan uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 92,3%, serta hasil respon guru sebesar 97,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa modul pionering sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran bangun ruang.

Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Bangun Ruang

Published
2021-06-21
Section
Articles
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 253