Pengembangan Media Pembelajaran Etno Map dalam Materi Keberagaman Budaya Kelas IV Sekolah Dasar

  • Neza Amalia Wahyu Ilahi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini berfungsi untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran Etno Map dalam materi Keberagaman Budaya di kelas IV. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dan terdiri dari 5 tahapan. Penelitian ini dilakukan atas dasar temuan batasan dan permasalahan yang terjadi di SDN Pagesangan Surabaya, yakni dalam kegiatan pembelajaran masih terbatasnya property dan media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan pembelajaran, sehingga berdampak pada rendahnya motivasi, dan ketertarikan peserta didik, dan mengakibatkan mudah kehilangan focus dan konstentrasi peserta didik di tengah-tengah kegiatan pembelajaran. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian yang terdiri dari lembar validasi yang ditujukan untuk validator materi dan media, serta angket respon untuk peserta didik. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif, kualitatif didapat dari saran dan masukan dosen pembimbing, validator ahli materi dan media, serta dosen penguji, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari nilai validasi materi, media dan angket respon peserta didik. Penelitian ini melibatkan 20 peserta didik kelas IV sebagai subjek uji coba penelitian. Dari serangkaian kegiatan yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa media pembelajaran Etno Map menempati kategori sangat layak dan dapat digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan matei Keberagaman Budaya di Kelas IV karena memperoleh nilai kelayakan 90% untuk materi, 81% untuk media, dan 87% dari angket respon peserta didik, dari kegiatan ini media Etno Map memperoleh kategori sangat layak dan sangat menyenangkan.

Kata kunci: media pembelajaran, etno map, keberagaman budaya

 

This type of research is development research. This study serves to determine the feasibility and response of students to the Ethno Map learning media in the material of Cultural Diversity in class IV. This study uses the ADDIE model and consists of 5 stages. This research was conducted on the basis of the findings of limitations and problems that occurred at SDN Pagesangan Surabaya, namely in learning activities there were still limited learning properties and media used by educators to convey learning, resulting in low motivation and interest in students, and resulted in easy loss of focus. and the concentration of students in the midst of learning activities. In this study, data collection used research instruments consisting of validation sheets intended for material and media validators, as well as response questionnaires for students. Data analysis techniques were carried out both qualitatively and quantitatively, qualitatively obtained from the suggestions and input of the supervisor, material and media expert validators, and examiner lecturers, while quantitative data was obtained from the value of material validation, media and student response questionnaires. This study involved 20 fourth grade students as research trial subjects. From the series of activities that have been carried out, it can be seen that the Etno Map learning media is in a very appropriate category and can be used by educators in delivering Cultural Diversity material in Class IV because it obtains a feasibility score of 90% for materials, 81% for media, and 87% for questionnaires. the response of the students, from this activity the Etno Map media obtained a very feasible and very enjoyable category.

 Keywords: learning media, ethno map, cultural diversity.

Published
2023-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 25