PENGEMBANGAN MEDIA E-FLIPBOOK UNTUK KETERAMPILAN MENULIS TEKS INFORMATIF SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

  • Agustin Tika Haryanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan media e-flipbook yang valid, efektif, dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, and evaluation. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi untuk menguji kevalidan produk, lembar angket respon guru dan siswa untuk mengukur kepraktisan produk, dan lembar tes berupa pretest dan posttest untuk mengukur keefektifan produk. Kevalidan e-flipbook diperoleh melalui validasi kepada dosen ahli yang menunjukkan hasil validasi materi dengan nilai 86,66 untuk kevalidan materi dan 90 untuk kevalidan media dengan tingkat kevalidan “Sangat Valid”. Kepraktisan media diperoleh dari lembar angket respon guru dan siswa sebesar 90 dan 95 dengan kategori “Sangat Praktis” dan tingkat keefektifan “Sangat Efektif” berdasarkan hasil tes siswa yang dianalisis menggunakan uji-t menunjukkan 𝑡h𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 20,85 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙2,059 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media e-flipbook layak digunakan untuk materi menulis teks informatif di kelas III sekolah dasar.

This research was conducted with the aim of producing valid, effective, and practical e-flipbook media. This type of research is Research and Development (RnD) using the ADDIE development model with five stages, namely analyze, design, development, implementation, and evaluation. Data collection instruments used validation sheets to test product validity, teacher and student response questionnaire sheets to measure product practicality, and test sheets in the form of pretest and posttest to measure product effectiveness. The validity of the e-flipbook is obtained through validation to expert lecturers who show the results of material validation with a value of 86.66 for material validity and 90 for media validity with a "Very Valid" level of validity. The practicality of the media was obtained from the teacher and student response questionnaires of 90 and 95 in the category "Very Practical" and the level of effectiveness "Very Effective based on student test results which were analyzed using the t-test showing taitung 20.85> trabe: 2.059 at a significance level of 5% Thus, it can be concluded that e-flipbook media is suitable for use as material for writing informative texts in grade III elementary schools Keywords: development, e-flipbook media, informative text writing skills.

Published
2023-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 51