PENGARUH DRAMA KOREA TERHADAP MINAT BELI KOREAN FOOD PADA MAHASISWA SURABAYA

Authors

  • Alma Ilfatikha Rahmayanti Pendidikan Tata Boga, Universitas Negeri Surabaya
  • Mauren Gita Miranti Pendidikan Tata Boga, Universitas Negeri Surabaya
  • Asrul Bahar Pendidikan Tata Boga, Universitas Negeri Surabaya
  • Niken Purwidiani Pendidikan Tata Boga, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pandemic COVID-19 berdampak pada perubahan aktivitas masyarakat, salah satunya mahasiswa yang sebelumnya disibukkan pada kegiatan di kampus kini harus menjalani perkuliahan secara daring di rumah. Hal tersebut menyebabkan timbulnya rasa bosan sehingga mencari kegiatan lain seperti menonton drama Korea. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh drama Korea terhadap minat beli Korean food pada mahasiswa Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data, disebarkan melalui Google Form kepada 160 sampel yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan yaitu mahasiswa Surabaya, suka drama Korea dan pernah makan Korean Food. Kuesioner diuji validitas dengan nilai r tabel 0,355 dan pengujian reliabilitas dinyatakan reliabel. Data hasil kuesioner diolah dengan IBM SPSS 25 untuk diketahui pengaruhnya menggunakan uji regresi linear sederhanadan uji koefisien determinan. Hasil pengujian dari uji regresi linear sederhana mendapatkan hasil bahwa drama Korea memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli Korean food pada mahasiswa Surabaya yang mana sejalan dengan penelitian oleh Hardiyanti bahwa fanatisme K-Pop dan K-Drama memiliki pengaruh positif seta signifikan terhadap keputusan pembelian streetfood Korea Selatan pada generasi Z.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-23
Abstract views: 500 , PDF Downloads: 1069