PENGARUH DRAMA KOREA TERHADAP MINAT BELI KOREAN FOOD PADA MAHASISWA SURABAYA

Main Article Content

Alma Ilfatikha Rahmayanti
Mauren Gita Miranti
Asrul Bahar
Niken Purwidiani

Abstract

Pandemic COVID-19 berdampak pada perubahan aktivitas masyarakat, salah satunya mahasiswa yang sebelumnya disibukkan pada kegiatan di kampus kini harus menjalani perkuliahan secara daring di rumah. Hal tersebut menyebabkan timbulnya rasa bosan sehingga mencari kegiatan lain seperti menonton drama Korea. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh drama Korea terhadap minat beli Korean food pada mahasiswa Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data, disebarkan melalui Google Form kepada 160 sampel yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan yaitu mahasiswa Surabaya, suka drama Korea dan pernah makan Korean Food. Kuesioner diuji validitas dengan nilai r tabel 0,355 dan pengujian reliabilitas dinyatakan reliabel. Data hasil kuesioner diolah dengan IBM SPSS 25 untuk diketahui pengaruhnya menggunakan uji regresi linear sederhanadan uji koefisien determinan. Hasil pengujian dari uji regresi linear sederhana mendapatkan hasil bahwa drama Korea memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli Korean food pada mahasiswa Surabaya yang mana sejalan dengan penelitian oleh Hardiyanti bahwa fanatisme K-Pop dan K-Drama memiliki pengaruh positif seta signifikan terhadap keputusan pembelian streetfood Korea Selatan pada generasi Z.

Article Details

Section
Articles