PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8 PADA MATERI DARI BERAS DAN TEPUNG BERAS

Main Article Content

Intan Eka Saputri
Sri Handajani
Mauren Gita Miranti
Niken Purwidiani

Abstract

Media pembelajaran dapat menstimulasi peserta didik untuk lebih tertarik dan memahami apa yang sedang dipelajari. Terdapat berbagai jenis media pembelajaran berbasis aplikasi yang dapat dikembangkan, salah satunya yaitu Autoplay Media Studio 8. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 pada materi pembuatan Kue Indonesia dari Beras dan Tepung Beras, dan (2) respon peserta didik terhadap media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 pada mteri pembuatan Kue Indonesia dari Beras dan Tepung Beras.


Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Terdapat 3 ahli materi dan 3 ahli media sebagai validator. Sasaran penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI SMK Program Studi Kuliner di Kabupaten Ponorogo dengan jumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket validasi dan respon. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan skala likert dan untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif.


Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi materi mendapat nilai sebesar sebsar 0,677 dengan kategori “Sedang”. Hasil validasi media mendapat nilai sebesar 0,733  dengan kategori “Sedang”. Hasil uji respon peserta didik mendapat nilai persentase sebesar 81% dengan kategori “Sangat Baik”. Demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan Autoplay Media Studio 8 pada materi pembuatan Kue Indonesia dari Beras dan Tepung Beras layak digunakan sebagai media pembelajaran dan mendapat respon sangat baik dari peserta didik.

Article Details

Section
Articles