PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO INTERAKTIF PADA MATERI PENGETAHUAN BUMBU DAN REMPAH PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA UNTUK SISWA SMK

Main Article Content

Hanum Azizah
Sri Handajani
Ita Fatkhur Romadhoni
Ita Fatkhur Romadhoni
Mauren Gita Miranti

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membawa banyak perubahan di dunia pendidikan khususnya dalam mendukung pelaksanaan proses belajar dengan menerapkan teknologi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan di era saat ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan materi dan media serta respon dari siswa mengenai media pembelajaran video interaktif pengetahuan bumbu dan rempah. Model penelitian yang digunakan pada penelitian pengembangan R&D ini adalah model 4D. Model ini terdiri dari define, design, development, disseminate.  Pengembangan media pembelajaran pada riset ini adalah video interaktif. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X SMK Negeri 2 Jombang, ahli media, dan ahli materi. Data yang akan dijabarkan adalah berkaitan dengan hasil uji kelayakan media oleh ahli media dan ahli materi, serta hasil angket pengguna dengan skala 1-4. Analisis data oleh ahli dan pengguna menerapkan perhitungan skor interval dan deskriptif persentase.


Hasil uji kelayakan media pembelajaran video interaktif dengan skor 81,25%, artinya media pembelajaran tersebut masuk pada kriteria sangat layak. Validasi media menunjukkan kriteria sangat layak dengan prolehan skor 88,2%. Kaitannya dengan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis video interaktif mendapatkan skor 92%, artinya media pembelajaran masuk pada kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa video interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan siswa di kelas.

Article Details

Section
Articles