IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN KONTINENTAL

Main Article Content

Fitri Nur Rahmah
Choirul Anna Nur Afifah
Suhartiningsih .
Sri Handajani

Abstract

Pembelajaran kooperatif ialah sistem pembelajaran yang memberikan peluang pada siswa agar saling bekerja sama dalam beberapa tugas terstruktur serta pendidik hanya bertugas sebagai fasilitator sehingga dapat diterapkan pada mata pelajaran kontinental. Tujuan artikel ini membahas tentang 1) konsep pembelajaran kooperatif, 2) mata pelajaran kontinental, dan 3) implementasi pembelajaran kooperatif pada hasil belajar pada mata pelajaran kontinental. Penulisan ini sebagai jenis penulisan empiris dikarenakan terdapat masalah yang mempunyai sifat sementara sehingga akan terdapat perkembangan sesudah berada di lapangan. Dalam metode penulisan artikel ini, dilakukan dengan menentukan data dan informasi pendukung penulisan. Kemudian, diolah pada tahap pengumpulan data dan yang terakhir dilakukan proses analisis yang merupakan evaluasi dari data yang telah diolah. Konsep pembelajaran kooperatif yaitu sebagai bentuk model pembelajaran melalui cara yaitu siswa bekerja dan belajar di berbagai kelompok kecil dengan berkolaboratif yang mana anggotanya meliputi 4-6 orang. Dengan struktur kelompok yang sifatnya sama. Mata pelajaran kontinental yaitu mata pelajaran yang menerapkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam mengolah beberapa hidangan gaya kontinental. Implementasi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran kontinental hanya dibatasi pada tipe STAD, Co-op Co-op, Make A Match, Snowball Throwing, dan TAI. Pengaplikasian model pembelajaran kooperatif terbukti bisa memaksimalkan hasil pembelajaran serta prestasi yang diraih siswa dalam mata pelajaran kontinental yang berkisar antara 77,78% sampai 100%


sehingga model pembelajaran kooperatif efektif untuk dipergunakan pada mata pelajaran kontinental.

Article Details

Section
Articles