Keterlaksanaan Sintaks Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Strategi Mind Mapping di SMK Negeri 2 Lumajang

Main Article Content

WULAN YUNITA SARI
DINDY SINTA MEGASARI

Abstract

Pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan strategi mind mapping merupakan pembelajaran yang menekankan kesuksesan kelompok dalam bentuk penguasaan dan pemahaman materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan sintaks dan aktivitas siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain lembar observasi dan lembar angket. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pada siklus I keterlaksanaan sintaks diperoleh rata-rata 3,14 (sangat baik), pada siklus II sebesar 3,32 (sangat baik), 2) Respon siswa mencapai persentase sebesar 95,3% (sangat baik).

Kata kunci : think pair share, strategi mind mapping

Article Details

Section
Articles