PENGARUH STRATEGI PROMOSI ONLINE TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI GRIYA TATHA SALON & WEDDING KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI

Authors

  • BERLIAN ALDA RAHMADHANI
  • OCTAVERINA KECVARA PRITASARI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v9n2.p%25p

Abstract

Abstrak

Griya Tatha Salon & Wedding merupakan salon yang terletak di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri yang menyediakan jasa sewa baju dan merias pengantin serta berbagai macam perawatan. Strategi pemasaran yang lebih baik dan disesuaikan dengan perkembangan jaman diharapkan dapat meningkatkan popularitas dan penghasilan salon. Promosi yang baik dan menarik merupakan salah satu strategi yang harus dilakukan pengusaha supaya salon yang dikelola dapat terus berkembang. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh promosi online terhadap peningkatan penjualan di Salon Griya Tatha. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, di mana data primer diperoleh melalui wawancara dengan owner atau pemilik dari Griya Tatha Salon & Wedding, sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber pustaka dan hasil penelitian terdahulu. Pencarian data yang dilakukan menggunakan, observasi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian yang didapatkan dari wawancara dan observasi menunjukkan bahwa promosi online melalui berbagai media sosial dapat meningkatkan penghasilan salon. Efektivitas ini dapat dilihat dari antusiasme masyarakat era ini akan media sosial, sehingga promosi melalui media sosial akan lebih mudah tersampaikan dari pada melalui media cetak. Meskipun penghasilan meningkat seiring meningkatnya popularitas salon yang dipromosikan dari media sosial, peningkatan kualitas dan promo harga produk-produk salon.

Kata Kunci: promosi online, peningkatan penjualan, salon

Abstract

Griya Tatha Salon & Wedding is a salon located in Pare sub-district, Kediri Regency which provides rental services and bridal makeup and a variety of treatments. A better marketing strategy and adapted to the times are expected to increase salon popularity and income. A good and attractive promotion is one of the strategies that must be carried out by entrepreneurs so that the salon managed can continue to grow. This study aims to determine the effect of online promotion on increasing sales at the Griya Tatha Salon. This research is a qualitative descriptive study, where primary data is obtained through interviews with the owner or owner of Griya Tatha Salon & Wedding, while secondary data are obtained from literature sources and the results of previous studies. Data search is performed using, observation of documentation and interviews. Research results obtained from interviews and observations show that online promotion through various social media can increase salon income. This effectiveness can be seen from the enthusiasm of the people of this era for social media, so that promotion through social media will be more easily conveyed than through print media. Although the income increased with the increasing popularity of salons that were promoted from social media, an increase in the quality and price promotion of salon products.

Keywords: online promotion, sales increase, salon

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-22

How to Cite

ALDA RAHMADHANI, B., & KECVARA PRITASARI, O. (2020). PENGARUH STRATEGI PROMOSI ONLINE TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI GRIYA TATHA SALON & WEDDING KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI. Jurnal Tata Rias, 9(2). https://doi.org/10.26740/jtr.v9n2.p%p

Issue

Section

Articles
Abstract views: 226 , PDF Downloads: 842