PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TATA RIAS WAJAH SEHARI- HARI PROGRAM KEAHLIAN DOUBLE TRACK TATA RIAS SMA MUHAMMADIYAH 8 GRESIK

Authors

  • Aisah Dian Kumala
  • Dewi Lutfiati
  • Arita Puspitorini
  • Sri Dwiyanti

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v13n2.p235-243

Abstract

Pendidikan dan teknologi menjadi dua aspek yang berkolaborasi dalam menciptakan media guna mendukung kegiatan belajar mengajar yang inovatif dan interaktif. Implementasi media yang sesuai dapat menciptakan iklim pembelajaran yang interaktif dengan memfasilitasi kemampuan siswa secara optimal. Oleh karena itu, media pembelajaran yang menarik memberikan peningkatan antusias peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kelayakan media pembelajaran, hasil belajar, dan respon yang ditunjukkan peserta didik dalam mengimplementasikan media pembelajaran interaktif tata rias wajah sehari-hari. Pendekatan penelitian ini menerapkan R&D dari Borg & Gall melibatkan 8 tahap meliputi (1) identifikasi potensi dan permasalah, (2) pengumpulan data, (3) desain, (4) validasi, (5) revisi desain, (6) uji coba, (7) revisi produk, dan (8) uji coba implementasi. Sumber data berjumlah 30 peserta didik Double Track Tata Rias di SMA Muhammadiyah 8 Gresik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kelayakan dan kualitas media pembelajaran interaktif mendapatkan rata-rata 4,53 bermakna "sangat baik", 2) hasil belajar yang diperoleh melalui tes menunjukkan rata-rata 89,06 dengan tingkat ketuntasan 100%, dan 3) Respon peserta didik saat mengimplementasikan media pembelajaran ini memperoleh rata-rata nilai 4,41 atau "sangat baik". Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif tata rias wajah dalam keseharian layak diterapkan.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Tata Rias Wajah Sehari- Hari

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Kumala, A. D., Lutfiati, D., Puspitorini, A., & Dwiyanti, S. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TATA RIAS WAJAH SEHARI- HARI PROGRAM KEAHLIAN DOUBLE TRACK TATA RIAS SMA MUHAMMADIYAH 8 GRESIK. Jurnal Tata Rias, 13(2), 235–243. https://doi.org/10.26740/jtr.v13n2.p235-243
Abstract views: 138 , PDF Downloads: 61

Most read articles by the same author(s)

<< < 16 17 18 19 20 21