PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA MOBILE LEARNING KELAS X PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI GIZI UNTUK KECANTIKAN DI SMK NEGERI 1 BATU

  • Nanda Kumalasari
  • Dindy Megasari
  • Dewi Lutfiati
  • Suhartiningsih Suhartiningsih

Abstract

Penelitian ini dilakukan menggunakan media mobile learning pada kelas X Kecantikan Kulit dan Rambut di SMK Negeri 1 Batu. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) kelayakan media mobile learning, 2) Keterlaksanaan pembelajaran, 3) Hasil belajar siswa, dan 4) Respon siswa menggunakan media mobile learning. Penelitian ini menggunakan penelitian pre-eksperimental design dengan rancangan penelitian jenis one-group pretest posttest design, yaitu penelitian yang dilakukan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Kecantikan Kulit dan Rambut 1 di SMK Negeri 1 Batu sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata, prosentase dan uji t. Dari hasil penelitian menunjukkan 1) Penelitian kelayakan media mobile learning dinyatakan dalam kategori sangat layak dengan nilai rata-rata 3.4, 2) Keterlaksanaan Belajar dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 3.25, 3) Hasil belajar siswa terdapat peningkatan dengan nilai rata-rata pretest 41.8 dan nilai rata-rata posttest 80.7, 4) Respon siswa dikategorikan sangat baik dengan nilai hasil rata-rata keseluruhan 95,1 dari ke enam aspek, 5) dari hasil uji t dapat disimpulkan bahwa penerapan penggunakan media mobile learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X kecantikan kulit dan rambut pada kompetensi dasar mengetahui gizi kecantikan

Kata kunci : Media mobile learning, Kompetensi Dasar Gizi Kecantikan.

Published
2020-08-11
How to Cite
Kumalasari, N., Megasari, D., Lutfiati, D., & Suhartiningsih, S. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA MOBILE LEARNING KELAS X PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI GIZI UNTUK KECANTIKAN DI SMK NEGERI 1 BATU. Jurnal Tata Rias, 9(4), 37-43. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/35837
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 74