STRATEGI PEMASARAN TATA RIAS PENGANTIN MUSLIM DI AISYAH WEDDING

  • Mega ayu Wardani
  • Dindy Megasari
  • Mutimmatul Faidah
  • Sri Usodoningtyas

Abstract

Abstrak

Aisyah Wedding merupakan salah satu usaha atau jasa yang bergerak di bidang wedding organizer. Cepatnya kemajuan bidang usaha jasa dari Aisyah Wedding mengakibatkan peneliti terkesan untuk menganalisis strategi pemasarannya, dikarenakan strategi di Aisyah Wedding dapat memikat perhatian pelanggan agar memakai jasa di Aisyah Wedding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan di Aisyah Wedding. Penelitian ini tergolong dalam kategori penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan penelitian berupa wawancara dan dokumentasi. Informan adalah owner Aisyah Wedding. Menggunakan teknik analisis data kualitatif yang dilakukan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan untuk menghasilkan suatu data yang faktual dan kuat. Teori yang diterapkan dalam penelitian ini mengacu pada teori strategi bauran pemasaran dari Kotler dan Amstrong yang menjelaskan bahwa strategi bauran pemasaran adalah cara di dalam pemasaran yang di implementasikan perusahaan secara terus menerus agar memenuhi misi perusahaan. Hasil penelitian menunjukan jika : Aisyah Wedding menerapkan empat macam elemen pokok strategi pemasaran yaitu: produk, harga, tempat dan promosi. Tempat gallery Aisyah Wedding sangat strategis dan berdekatan dengan pasar tradisional, tempat wisata, pondok, dan kampus. Strategi promosi yang paling ampuh dalam menarik perhatian pelanggan. Strategi promosi dilakukan dengan cara langsung dan tidak langsung. Strategi promosi yang sangat berpengaruh dalam pendapatan Aisyah Wedding adalah strategi promosi Word Of Mouth (WOM) atau sering disebut dengan strategi promosi mulut ke mulut. Pelayanan dari Aisyah Wedding yang baik membuat banyak konsumen selalu merekomendasikan jasa Aisyah Wedding ke kerabat atau teman.

 

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Tata Rias Pengantin Muslim, Wedding Organizer

Published
2021-06-21