TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK DI KLINIK MS GLOW SAMARINDA DALAM MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Syaviera Alifia Fauziah
Dewi Lutfiati
Sri Dwiyanti
Maspiyah Maspiyah

Abstract

abstrak


Trend pembelian produk perawatan wajah kini semakin banyak digemari masyarakat sebagai penunjang
penampilan. Namun karena adanya pandemi Covid-19 saat ini, memiliki dampak yang cukup besar di
berbagai aspek kehidupan, termasuk didalam dunia kecantikan. MS Glow merupakan salah satu produk
kecantikan yg masih bertahan di era pandemi saat ini dan mengalami kenaikan penjualan. Hal ini sesuai
dengan hasil studi awal terkait trend penggunaan produk perawatan wajah MS Glow dan mempengaruhi
peneliti untuk mengetahui kepuasan pelanggan dalam pembelian produk kosmetik perawatan wajah. Jenis
penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian adalah
kepuasan pelanggan meliputi kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen dan loyalitas
konsumen. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang dilakukan secara online melalui Google form.
Subjek penelitian menggunakan purposive sampling sejumlah 50 responden. Teknik analisis data yang
digunakan adalah persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan persentase pada aspek kualitas produk
sebesar 92,14%, pada aspek kualitas pelayanan sebesar 94%, pada aspek kepuasan konsumen sebesar
85,71%, dan pada aspek loyalitas konsumen sebesar 85%, ke-empat aspek tersebut menunjukkan kriteria yg
sangat baik. Aspek kualitas produk dan pelayanan menunjukkan angka tertinggi pada kepuasan pelanggan
produk perawatan wajah MS Glow.
Kata Kunci : Trend, Produk Kosmetik, Kepuasan Pelanggan

Article Details

Section
Articles