ANALISIS STRATEGI PROMOSI JASA MAKE UP PENGANTIN DI PARAS ASRI WEDDING ORGANIZER MELALUI MEDIA SOSIAL

Main Article Content

Ririn Noor Hartanti Wulandari
Arita Puspitorini
Nia Kusstianti
Dewi Lutfiati

Abstract

abstrak


Paras Asri Wedding Organizer merupakan bisnis dalam bidang jasa rias pengantin yang
juga menyediakan penyewaan baju pengantin, photographer, videographer, tenda
pernikahan dan dekorasi pernikahan. Peneliti memilih Paras Asri Wedding Organizer
dengan bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi dalam bermedia sosial.
Penelitian ini mendeskripsikan bentuk strategi promosi di dalam media sosial yang
digunakan oleh Paras Asri Wedding Organizer. Desain penelitian yang digunakan adalah
jenis penelitian deskripsi kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu
menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah
pedoman wawancara yang berupa beberapa daftar pertanyaan dan juga dokumentasi berupa
foto kegiatan dan brosur. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini
yaitu dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Penelitian ini mengacu pada teori promotion mix yang dikemukakan oleh
Kotler dan Keller (2012:202). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Paras Asri
Wedding Organizer menerapkan strategi promosi yang mengandung promotion mix yang
berisi Iklan (Advertising) promosi melalui beberapa media seperti Instagram, TikTok, dan
WhatsApp, Promosi Penjualan (Sales Promotion) menerapkan promosi melalui media
sosial, Hubungan Masyarakat (Public Relation) yang mempengaruhi konsumen melalui
konten yang menarik dan bekerja sama dengan model atau selebgram, Penjualan Personal
(Personal Selling) komunikasi langsung antara owner dengan calon pengantin, Pemasaran
Langsung (Direct Marketing) media sosial sebagai tempat untuk membagikan konten yang
menarik dan kreatif untuk menarik perhatian calon pengantin.
Kata Kunci : Strategi Promosi, Wedding Organizer, Media Sosial

Article Details

Section
Articles