FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN MAKEUP ARTIST (MUA) HITS DI INDONESIA DALAM MENJALANKAN USAHA DI BIDANG JASA MAKEUP

Authors

  • Aninda nur Safira
  • Sri Dwiyanti
  • Dindy Sinta Megasari
  • Arita Puspitorini

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v10n2.p165-176

Abstract

Abstrak

Semakin menjamur usaha jasa makeup di Indonesia, membuat semakin banyak persaingan yang harus dihadapi oleh para pelaku di bidang usaha ini. Akibatnya, banyak makeup artist (MUA) pemula yang masih bingung apa saja yang harus diperhatikan atau dilakukan agar jasa makeup mereka dilirik oleh para klien dan tahan banting dalam menghadapi dunia bisnis makeup yang saingannya dimana-mana. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui faktor-faktor yang memberikan pengaruh bagi kesuksesan MUA hits di Indonesia dalam menjalankan usaha di bidang jasa makeup. Metode penelitian yang dipakai ialah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilangsungkan melalui penggunaan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan MUA hits di Indonesia dalam menjalankan usaha di bidang jasa makeup antara lain: 1) Makeup merupakan passion-nya, 2) Memiliki ciri khas makeup tersendiri yang membedakan dengan makeup MUA lain, 3) Profesional dan totalitas, 4) Selalu asah skill makeup dan mencari pengalaman, 5) Selalu update perkembangan trend makeup, 6) Rajin update portofolio dan pintar mengatur strategi e-marketing, 7) Memiliki attitude yang baik, 8) Memiliki niat dan percaya diri, 9) Memiliki mental baja, sabar dan pantang menyerah, 10) Konsisten dan tetap rendah hati.

Kata Kunci: faktor, kesuksesan, makeup artist, usaha bidang jasa, usaha jasa makeup.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-21

How to Cite

Safira, A. nur, Dwiyanti, S., Megasari, D. S., & Puspitorini, A. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN MAKEUP ARTIST (MUA) HITS DI INDONESIA DALAM MENJALANKAN USAHA DI BIDANG JASA MAKEUP. Jurnal Tata Rias, 10(2), 165–176. https://doi.org/10.26740/jtr.v10n2.p165-176
Abstract views: 1455 , PDF Downloads: 3138

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>