KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA OPEN-ENDED DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n2.p90-97Abstract
Abstrak
Kemampuan berpikir kreatif sangat berperan dalam memunculkan inovasi-inovasi baru dalam dunia ilmu pengetahuan dan pendidikan. Karena itu pelajaran matematika digunakan untuk mendorong munculnya kemampuan berpikir kreatif. Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif seseorang dengan memberikan masalah open-ended. Masalah open-ended mendorong siswa untuk berpikir terbuka dengan berbagai penyelesaian, sehingga memunculkan kriteria berpikir kreatif kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Kemampuan berpikir kreatif setiap orang berbeda-beda. Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa salah satunya dipengaruhi oleh kemampuan matematika siswa. Tujuan penelitian ini ialah mendiskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaiakn masalah open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menghasilkan data berupa presentase tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dengan kemampuan matematika dalam memecahkan masalah open-ended. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa dalam satu kelas dari SMP Negeri 32 Surabaya kelas VIII. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan matematika, selanjutnya pemberian tes masalah open-ended. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif yang berbeda-beda. Terdapat 1 siswa (25%) dengan kemampuan berpikir kreatif tingkat 2, 1 siswa (25%) dengan kemampuan berpikir kreatif tingkat 3, dan 2 siswa (50%) dengan kemampuan berpikir kreatif tingkat 4. Siswa dengan kemampuan matematika sedang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif yang berbeda-beda pula. Terdapat 7 siswa (53,85%) dengan kemampuan berpikir kreatif tingkat 0, 1 siswa (7,69%) dengan kemampuan berpikir kreatif tingkat 2, dan 5 siswa (38,46%) dengan kemampuan berpikir kreatif tingkat 4. Siswa dengan kemampuan matematika rendah mayoritas memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif tingkat 0. Terdapat 12 siswa (80%) dengan kemampuan berpikir kreatif tingkat 0, 2 siswa (13,33%) dengan kemampuan berpikir kreatif tingkat 2, dan 1 siswa (6,67%) dengan kemampuan berpikir kreatif tingkat 3.
Kata kunci : tingkat kemampuan berpikir kreatif, masalah open-ended, kemampuan matematika.
Abstract
The ability to think creatively is very instrumental in generating new innovations in the world of science and education. Therefore mathematics is used to encourage the emergence of creative thinking skills. To find out a persons creative thinking ability by giving open-ended problems. Open-ended problems encourage students to think openly with a variety of solutions, thus raising the criteria for creative thinking fluency, flexibility, and innovative. The ability to think creatively every person is different. One of the differences in students creative thinking skills is influenced by students mathematical abilities. The purpose of this study is to describe the creative thinking abilities of students with high, moderate, and low mathematical abilities in solving open-ended problems. This research is a descriptive quantitative research which is obtain data as percentage about degree of creative thinking ability of Junior High School students with mathematic ability in solving Open Ended problem. Subject in this research contains of all of students in a class from 32 Junior High School VIII grade. Data collection technic is done by giving test about Mathematic ability, then giving open ended problem test. The results of this study indicate that groups of students with high mathematical abilities have different levels of creative thinking. There are 1 student (25%) with level 2 creative thinking skills, 1 student (25%) with level 3 creative thinking skills, and 2 students (50%) with level 4 creative thinking skills. Students with moderate mathematical abilities have the ability to think different creative too. There were 7 students (53.85%) with creative thinking skills level 0, 1 student (7.69%) with creative thinking skills level 2, and 5 students (38.46%) with creative thinking skills level 4. Students with abilities the majority of low mathematics has a level of creative thinking ability of level 0. There are 12 students (80%) with creative thinking skills level 0, 2 students (13.33%) with creative thinking skills level 2, and 1 student (6.67%) with level 3 creative thinking skills.
Keywords: level of creative thinking ability, open-ended problem, mathematical ability