Pengembangan Media Pembelajaran M-Learning Berbasis Android Pada Materi SPLDV

  • INAYATUL WAFIYAH
  • ATIK WINTARTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran m-learning berbasis Android pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan hasil pengembangannya ditinjau dari kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu pada tahap analysis dilakukan analisis kebutuhan, kurikulum, dan media, tahap design penetapan materi SPLDV, RPP, flowchart, dan storyboard, tahap development proses pembuatan media serta validasi instrumen (lembar validasi, lembar kemampuan pengguna, tes hasil belajar, dan angket respon pengguna) oleh tiga ahli media dan tiga ahli materi, tahap implementation pra uji coba dan uji coba terbatas dilakukan pada sembilan siswa kelas VII MTs di Sidoarjo, dan tahap evaluation berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan nilai rata-rata total validasi oleh ahli media 3,52 dan materi 3,60 dari rentang 0 - 4 sehingga media ini termasuk dalam kategori valid. Media pembelajaran ini dikatakan praktis karena berdasarkan penilaian umum validator, media tersebut dapat digunakan dengan sedikit revisi dan kemampuan pengguna dalam menggunakan media pembelajaran termasuk dalam kategori positif dengan persentase 100%. Media ini juga memenuhi kriteria efektif karena berdasarkan data skor tes hasil belajar 88,9% dari sembilan subjek uji coba yang memperoleh nilai ≥78(KKM) dan respon pengguna sangat baik yaitu sebesar 3,41 dengan nilai maksimal 4.

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, m-learning, SPLDV.

Abstract

This study aims to describe the process of developing Android-based m-learning learning media on systems of two variable linear equations (SPLDV) and its results in terms of valid, practical, and effective criteria. This study refers to the ADDIE development model which consists of 5 phases. In analysis, needs analysis, curriculum, and media are conducted. The design phase of the SPLDV, RPP, flowchart, and storyboard. The development phase are the media making process and instrument validation (sheet validation, sheet user ability, test results, and user response questionnaire) by three media experts and three material experts. In implementation phase the trial and limited trials was carried out on nine of seventh grade students of Islamic Junior High School in Sidoarjo. The evaluation phase based on research results, learning media developed is valid criteria based on the average value of the total validation by media experts 3,52 and material experts 3,60 from a range of 0-4. This learning media is practice based on the general evaluation of the validator, the media can be used with a little revision and the users ability to use learning media categorized as positive with the percentage of 100%. This media also fulfills the effective criteria based on the data of the learning outcomes test score is 88.89% from the nine subjects who obtained a score ≥78 (KKM) and the user response is very good at 3.41 with maximum value 4.

Keywords: development, learning media, m-learning, SPLDV.








Published
2019-05-03
Abstract Views: 223
PDF Downloads: 179