Penalaran Aljabar Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecemasan Matematika

  • MARIA ANGGRIYANI RUDIN
  • MEGA TEGUH BUDIARTO

Abstract

Abstrak

Penalaran aljabar membantu siswa untuk memahami matematika dengan memperhatikan pola hubungan antar kuantitas kemudian digeneralisasi.Generalisasi pada penalaran aljabar dinyatakan dalam bentuk simbol. Namun, kecemasan matematika yang dialami siswa akan mengganggu proses berpikir siswa. Kecemasan matematika merupakan salah satu faktor internal yang dapat mengganggu kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penalaran aljabar siswa dalam pemecahan masalah matematika dengan kecemasan rendah, sedang, dan tinggi. Penelitian ini dimulai dengan memberikan angket untuk menemukan kategori kecemasan matematika dan dilanjutkan dengan tes kemampuan matematika untuk mendapatkan tiga subjek. Kemudian, penelitian ini dilanjutkan dengan memberikan masalah matematika dan wawancara. Dari hasil penelitian ini ditunjukkan jika pada fase pencarian pola, ketiga subjek dapat mengidentifikasi hal-hal yang diketahui dan ditanyakan. Kemudian, subjek dengan kecemasan matematika rendah merepresentasikan hal-hal yang diketahui dalam bentuk tabel sedangkan subjek dengan kecemasan matematika sedang dan tinggi merepresentasikan dengan penjelasan dari kata-kata subjek sendiri secara detail. Ketiga subjek dapat mengidentifikasi unsur-unsur penyusun pola. Pada fase pengenalan pola, subjek dengan kecemasan matematika sedang dan rendah dapat membuat konjektur yang tepat namun subjek dengan kecemasan matematika tinggi membuat konjektur yang tidak tepat. Pada fase generalisasi, hanya subjek dengan kecemasan matematika rendah yang dapat menentukan aturan umum persamaan dengan tepat.

Kata Kunci: Penalaran Aljabar, Masalah Matematika, Kecemasan Matematika


Abstract

Algebraic reasoning helps students to understand mathematics by notice patterns of relationship between quantities and then be generalized. Generalization of algebraic reasoning as expressed by symbols. However, the mathematics anxiety is experienced by students will disrupt the thinking process of students. Mathematics anxiety is one of the internal factors that can interfere to the ability of student’s problem solving. This research is aimed to describe algebraic reasoning of pupils with high, medium, dan low mathematics anxiety in solving mathematical problem. This research begins by giving mathematics anxiety questionaire to find out the category of anxiety and followed by mathematical ability test to get three subjects. Then, this study continued with given mathematic problems and interviews. The result showed that in the pattern of seeking indicator, all of the subjects identified the known and asked things. Then, the low mathematic anxiety subject represented the known things in a table whereas the medium and high mathematics anxiety subjects explained it in their own words . Subjects identified the elements which makes the pattern. In the pattern recognition indicator, the low and medium mathematics anxiety subjects made the correct conjecture, but the high mathematics anxiety subjects couldn’t made the conjecture. In generalization indicator, only the low mathematics anxiety subject can determined the correct general rule of equations.

Keywords: Algebraic Reasoning, Math Problem, Mathematics Anxiety






Published
2019-06-17
Abstract Views: 110
PDF Downloads: 102