Penerapan Pendekatan APOS Dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Datar Segiempat

  • RATIH DIAN PERMATASARI
  • SUSANAH

Abstract

Abstrak

Pendekatan pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran pada penelitian ini adalah pendekatan APOS. APOS merupakan singkatan dari aksi (Action), proses (Process), objek (Object), dan skema (Schema). Pendekatan APOS adalah salah satu teori konstruksivis tentang bagaimana proses pencapaian atau pembelajaran suatu konsep dalam matematika. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan APOS menekankan pada perolehan pengetahuan melalui konstruksi mental APOS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan pendekatan APOS. Subjek di dalam penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas VII SMP Negeri 32 Surabaya yang dipilih secara acak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian “One Shot Case Study”, yang kegiatan pembelajarannya dilaksanakan selama 2 kali pertemuan untuk mengajarkan materi segiempat dengan menerapkan pendekatan APOS dalam pembelajarannya sesuai dengan RPP yang telah disusun, sekaligus melakukan pengamatan pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar pengamatan yang telah disusun, serta memberikan tes hasil belajar dan angket respon siswa pada pertemuan ketiga setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan APOS. Dari hasil analisis data, diperoleh: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, guru dapat memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran sesuai dengan APOS yaitu siswa mengerjakan LKS sesuai dengan perintah yang terdapat dalam LKS, menjelaskan secara lisan hasil pengerjaan LKS, menentukan hasil yang didapat setelah presentasi, dan menyelesaikan latihan soal; (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran siswa dapat mentransformasikan objek yang dilakukan sebagai kegiatan external, berpikir tentang aksi yang sama tanpa melakukan stimulus dari luar, memahami keseluruhan prosedur, dan menentukan kumpulan aksi, proses, dan objek yang saling berkaitan dan dapat digunakan untuk memecahkan masalah; (3) Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran sebanyak 25 siswa dari 32 siswa dinyatakan tuntas dan yang lain dinyatakan tidak tuntas; (4) Angket respon terkait pembelajaran dengan menerapkan pendekatan APOS pada materi segiempat memperoleh respon positif karena persentase kriteria baik dan sangat baik lebih dari 50%..

Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran, Pendekatan APOS

Abstract

The learning approach that applied in this study is the APOS approach. APOS stands for Action, Process, Object, and Scheme. APOS approach is a construction theory about how the process of achieving or learning a concept in mathematics. Learning using the APOS approach emphasizes the acquisition of knowledge through APOS mental construction. This study is a descriptive study that aims to describe the ability of teachers to manage learning, student activities, student learning outcomes, and student responses to learning by applying the APOS approach. The subjects in this study were mathematics teacher and students of grade VII in SMP Negeri 32 Surabaya who were selected randomly. This study used a "One Shot Case Study” study design, which learning activities carried out for two sessions to teach quadrilateral material by applying the APOS approach in learning accordance with lesson plans that have been prepared, while making observations on the teacher’s ability to manage students learning and activities use the observation sheet that has been prepared, as well as providing learning outcome test and students response questionnaires at the third meeting after learning by applying the APOS approach. From the analysis of the data, the obtained results are: (1) the ability of teacher to manage learning can motivate students to attend learning in accordance with APOS, students work on worksheet in accordance with the instructions contained in the worksheet, explain verbally the results of worksheet, determine the results obtained after the presentation, and complete the problem solving; (2) student’s activities during learning can transform objects carried out as external activities, think about the same actions without carrying out external stimulation, understand the whole procedure, and determine the collection of action, process, and objects that are interrelated and can be used to solve problems; (3) student learning outcomes after attending the study get 25 students from 32 students were passed and others were failed; (4) questionnaire responses related to learning by applying the APOS approach to quadrilateral material received a positive response because the percentage of criteria that good and very good is more than 50%.

Keywords: learning approach, APOS approach




Published
2019-06-21
Abstract Views: 126
PDF Downloads: 112