Profil Komunikasi Matematis Tulis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika

  • AQIDATUL MEILIYAH
  • RINI SETIANINGSIH

Abstract

Abstrak

Komunikasi memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan di Indonesia. Komunikasi menjadi salah satu tujuan dalam standar pendidikan. Komunikasi merupakan salah satu standar kemampuan dasar dalam NCTM. Kemampuan komunikasi matematis siswa berkaitan dengan kemampuan matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil komunikasi tulis siswa dengan tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah matematika SMP pada materi bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode tes dan wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah tiga siswa yaitu satu siswa dengan kemampuan matematis tinggi, satu siswa dengan kemampuan matematis sedang, dan satu siswa dengan kemampuan matematis rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi mampu menyatakan informasi-informasi yang diberikan dalam permasalahan dalam bentuk matematika berupa gambar, simbol, ataupun secara aljabar, mampu menggunakan istilah atau simbol matematika untuk menyajikan masalah dengan tepat, mampu membuat model matematika untuk menyatakan konsep matematika dan solusinya, serta mampu membuat kesimpulan untuk menyatakan hasil. Siswa dengan kemampuan matematika sedang tidak mampu menyatakan informasi yang diberikan dalam bentuk gambar maupun simbol matematika, mampu menggunakan istilah atau simbol matematika dengan tepat, mampu membuat model matematika untuk menyatakan konsep dan mampu membuat kesimpulan untuk menyatakan hasil. Siswa berkemampuan rendah kurang mampu menyatakan informasi dalam gambar maupun simbol matematika, mampu menggunakan istilah atau simbol matematika dengan tepat, tidak mampu membuat model matematika, dan tidak mampu membuat kesimpulan untuk menyatakan hasil.

Kata Kunci: Komunikasi Matematis Tulis, Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan Matematika.

Abstract

Communication has important role in Education in Indonesia. Communication is one of Education’s goal. Communication is also one of basic ability standard in NCTM. Student’s communication ability are related to Student’s mathematical ability. The aims of this research is to describe the written communication profile of students with high, medium, and low ability in solving junior high school mathematics problem on material of geometry. This is a qualitative research using test and interview methods. The subjects used in this research were three junior high school students, they are one student with high ability, one student with medium ability, and one student with low ability. The result of the research showed that students with high mathematical ability were able to express the information given in problems in mathematical form like image, symbols, or algebraically, able to use mathematical symbol to present problems correctly, able to make mathematical models to express mathematical concept and solution, and able to make conclusion of the result. Students with medium mathematical abilities are unable to express information given in the form of images or mathematical symbols, are able to use mathematical terms or symbols appropriately, are able to make mathematical models to express concepts and are able to make conclusions to express results. Low-ability students are unable to express information in images or mathematical symbols, are able to use mathematical terms or symbols correctly, are unable to make mathematical models, and are unable to draw conclusions to express results.

Keywords: Written Mathematical Communication, Solving Mathematical Problems, Mathematical ability.






Published
2019-06-26
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 672