Pemecahan Masalah Aljabar Siswa SMP Ditinjau dari Tipe Kepribadian
DOI:
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n2.p342-349Abstract
Abstrak
Pemecahan masalah adalah suatu aktivitas untuk mencari penyelesaian dari soal non rutin yang dihadapi dengan menggunakan semua bekal pengetahuan yang dimiliki. Terdapat perbedaan dalam pemecahan masalah siswa, salah satunya disebabkan oleh perbedaan tipe kepribadian. Tipe kepribadian yang dimaksud dalam penelitian ini adalah tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah aljabar siswa SMP ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri di Surabaya. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 siswa laki-laki yaitu 1 siswa ekstrovert dan 1 siswa introvert dengan kemampuan matematika setara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tipe kepribadian, tugas pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan tahapan pemecahan masalah Polya yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan melihat kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada langkah memahami masalah, siswa ekstrovert kurang teliti dalam mengidentifikasi informasi yang diketahui, menggunakan simbol untuk menyatakan informasi yang ditanyakan, dapat mengidentifikasi informasi yang ditanyakan dan syarat yang diperlukan dalam memecahkan masalah, serta dapat membuat model matematika dari permasalahan yang dihadapi. Sedangkan siswa introvert, dapat mengidentifikasi informasi yang diketahui, ditanyakan, dan syarat yang diperlukan dalam memecahkan masalah, menggunakan simbol untuk menyatakan apa yang diketahui dan ditanyakan, serta dapat membuat model matematika dari permasalahan yang dihadapi. Pada langkah membuat rencana, siswa ekstrovert dan introvert dapat mengingat soal yang relevan dengan masalah yang dihadapi dan dapat memilih strategi untuk menyelesaikan masalah. Pada langkah melaksanakan rencana, siswa ekstrovert dan introvert menggunakan strategi membuat sketsa untuk memecahkan masalah. Perbedaan keduanya yaitu siswa ekstrovert mengecek kebenaran sebagian langkah yang telah dilakukan sedangkan siswa introvert mengecek kebenaran setiap langkah yang telah dilakukan. Pada langkah melihat kembali, siswa ekstrovert melakukan pengecekan kembali bagian awal langkah-langkah penyelesaian masalah sedangkan siswa introvert melakukan pengecekan kembali langkah-langkah penyelesaian masalah secara keseluruhan.
Kata Kunci: pemecahan masalah, ekstrovert, introvert, tahapan pemecahan masalah Polya.
Abstract
Problem solving is an activity to find solutions to non-routine problems faced in using all the knowledge available. There are differences in solving student problems, one of them is caused by different personalities. Therefore, The types of personality referred to in this research are extrovert and introvert. This research was a qualitative research which aimed to describe algebraic problem solving in junior high school students based on extrovert and introverted personality. This research was carried out in class VIII of the public junior high school in Surabaya. The subjects of the research were an extrovert and an introvert student who had equivalent mathematical abilities. The research instrument used ware an personality type questionnaire, problem solving assignments, and interview guidelines. The data obtained were analyzed based on Polyas problem solving stages consisting of understanding problems, making plans, implementing plans, and looking back. The results showed that at understanding the problem stage, extroverted students were not thorough in identifying known information, using symbols to state what was asked, could identify asked and the conditions needed to solve the problem, and be able to make mathematical models of the problems faced. While introverted students in understanding problems, could identify information that is known, asked, and the conditions needed to solve problems, using symbols to state things that are known and asked, and be able to make mathematical models of the problems faced. In addition, at the planning stage, extroverted and introverted students were able remember questions that are relevant to the problem at hand and chosen strategies to solve the problems. At the stage of implementing the plan, extroverted and introverted students used a sketching strategy to solve the problem. The difference was that extroverted students check the truth of some steps that have been taken while introverted students check the truth of all steps that has been done. At the stage of looking back, extroverted students re-checked the the beginning steps of the problem solving steps while introverted students re-checked steps of problem solving that has been done as a whole.Keywords: problem solving, extrovert, introvert, Polyas problem solving stages