Hubungan Keyakinan Siswa Tentang Matematika dan Pembelajarannya dengan Kemampuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n2.p357-364Abstract
Abstrak
Keyakinan merupakan dasar pikiran yang dapat memengaruhi pola pikir dan pandangan seseorang terhadap sesuatu sebelum bertindak. Keyakinan siswa tentang matematika adalah cara pandang siswa dalam menilai matematika, sedangkan keyakinan siswa terhadap pembelajaran matematika adalah cara pandang siswa dalam memelajari, memahami, dan menyelesaikan permasalahan matematika. Kemampuan matematika adalah kemampuan intelektul yang dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana hubungan keyakinan siswa terhadap matematika dan pembelajarannya terhadap kemampuan matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian expost facto menggunakan uji korelasi karena untuk mengetahui hubungan antara variabel (keyakinan siswa tentang matematika dan pembelajarannya) dan variabel (kemampuan matematika siswa). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Sidoarjo kelas VIII yang berjumlah siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan mengambil dari jumlah populasi sehingga sampel yang diambil siswa. Instrumen pada penelitian ini berupa angket keyakinan siswa tentang matematika dan pembelajarannya dan tes kemampuan matematika. Teknik pengolahan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan uji korelasi. Hasil pengujian korelasi pada penelitian ini menunjukkan hubungan yang signifikan antara keyakinan siswa tentang matematika dan pembelajaranya dengan kemampuan matematika siswa dengan Rhitung . Berdasarkan tabel kriteria korelasi, nilai ini berada pada rentang nilai yang menunjukkan bahwa korelasi antar variabel sangat kuat.
Kata Kunci: Keyakinan, keyakinan matematika, kemampuan matematika
Abstract
Belief is the basis of thought that can influence ones mindset and view to something before acting. Students beliefs about mathematics are students perspective in assessing mathematics, while students beliefs about mathematics learning are the way students see in learning, understanding, and mathematics problem solving. Mathematics ability is the intellectual ability possessed by students in mathematics learning. In this study the researchers wanted to know how the students beliefs relate to mathematics and their learning to mathematical abilities. The type of research used in this study was expost facto research using correlation tests because to determine the relationship between variables x (students beliefs about mathematics and learning) and y variables (students mathematical abilities). The population in this study were students of SMP Negeri 1 Sidoarjo VIII class which amounted to students. The sampling technique in this study is taking of the population so that the sample is taken students. The instrument in this study was in the form of student confidence questionnaires about mathematics and learning and tests of mathematical abilities. Processing and data analysis techniques in this study used descriptive statistics and inferential statistics. The results of the correlation test in this study indicate a significant relationship between students beliefs about mathematics and their learning with students mathematics ability with Rcount . Based on the correlation criteria table, this value in the range of which indicates that the correlation between variables is very strong.
Keywords: belief, mathematics belief, mathematics ability