Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk
DOI:
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n2.p441-448Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan literasi matematika siswa berkecerdasan linguistik, berkecerdasan logis-matematis, dan berkecerdasan spasial dalam menyelesaikan soal PISA konten space and shape. Analisis data berdasarkan indikator literasi matematika pada proses merumuskan masalah, menerapkan konsep, dan menafsirkan hasil penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan subjek berkecerdasan linguistik melalui beberapa proses, yaitu mengidentifikasi aspek-aspek matematika dalam permasalahan, menerjemahkan soal ke dalam bahasa matematika, merancang strategi untuk menentukan solusi namun kurang tepat, menjabarkan langkah-langkah penyelesaian sesuai dengan strategi yang telah dirancang, menafsirkan kembali hasil penyelesaian yang diperoleh ke dalam konteks permasalahan dunia nyata, serta menjelaskan alasan kebenaran kesimpulan yang diberikan. Subjek berkecerdasan logis-matematis melalui beberapa proses yaitu, mengidentifikasi aspek-aspek matematika dalam permasalahan, menerjemahkan soal ke dalam bahasa matematika, merancang strategi untuk menentukan solusi, menjabarkan langkah-langkah menemukan solusi matematika secara rinci, detail, dan sistematis, tidak menafsirkan kembali hasil penyelesaian yang diperoleh ke dalam konteks permasalahan dunia nyata, namun menjelaskan bahwa semua kesimpulan yang diberikan sesuai. Subjek berkecerdasan spasial melalui beberapa proses yaitu, mengidentifikasi aspek-aspek matematika dalam permasalahan, menerjemahkan soal ke dalam bahasa matematika, merancang strategi untuk menentukan solusi, tidak menafsirkan kembali hasil penyelesaian yang diperoleh ke dalam konteks permasalahan dunia nyata, namun menjelaskan bahwa semua kesimpulan yang diberikan sudah sesuai.
Kata Kunci: Literasi matematika, kecerdasan majemuk, konten space and shape
Abstract
This study aims to describe mathematical literacy of students with linguistic intelligence, logical-mathematical intelligence, and spatial intelligence in solving space and shape content of PISA problems. Data analysis is based on mathematical literacy indicators in the process of formulating problems, applying concepts, and interpreting the results of solutions. The results showed that subjects with linguistic intelligence is capable of going through several processes, namely identifying mathematical aspects of the problem, translating questions into mathematical language, devising strategies to determine solutions but not appropriate, describing the steps of completion in accordance with the strategies that have been designed, reinterpreting the results the solutions obtained into the context of real world problems, and explain the reason for the conclusions given. Subjects with logical-mathematical intelligence is capable of going through several processes, namely identifying mathematical aspects of the problem, translating questions into mathematical language, designing strategies to determine solutions, describing steps to find mathematical solutions in detail, detail, and systematic, not reinterpreting results the solutions obtained into the context of real world problems, but explain that all conclusions are given accordingly. Subjects with spatial intelligence is capable of going through several processes, namely identifying mathematical aspects in the problem, translating questions into mathematical language, designing strategies to determine solutions, not reinterpreting the results of solutions obtained into the context of real-world problems, but explaining that all conclusions given already appropriate.
Keywords: Mathematical literacy, multiple intelligence, space and shape content