RASIONALITAS PEMILIH BUPATI TULUNGAGUNG PADA PILKADA TAHUN 2018 (STUDI DI KEL. KENAYAN, KEC. TULUNGAGUNG, KAB. TULUNGAGUNG)

  • RIZKA SARI AGUSTIN
  • AGUS MACHFUD FAUZI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berangkat dari kasus kemenangan Bupati Tulungagung periode tahun 2013-2018 pada Pilkada tahun 2018. Beliau mampu menang walaupun telah terjerat oleh kasus korupsi. Penelitian ini meneliti bagaimana alasan rasionalitas pemilih Bupati Tulungagung pada Pilkada tahun 2018. Bertujuan untuk menganalisis tindakan sosial pemilih dalam menentukan pilihannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dianalisis menggunakan pespektif teori Rasionalitas dari Max Weber. Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah verstehen. Lokasi dari penelitian ini berada di Kel. Kenayan, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung. Subjek adalah masyarakat, menggunakan purposive sampling dengan melakukan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan rasionalitas nilai yaitu tidak memilih pemimpin yang korupsi. Berdasarkan tindakan rasionalitas instrumental yaitu mendapatkan bantuan bedah rumah dan politik uang. Berdasarkan tindakan rasionalitas tradisional yaitu memilih latar belakang PDIP. Sedangkan berdasarkan tindakan rasionalitas afeksi yaitu perasaan kasihan maupun kecewa yang akhirnya menentukan dalam pilihannya.

Kata Kunci: Korupsi, Tindakan sosial Max Weber, Verstehen, Bupati.

Published
2019-07-09
How to Cite
SARI AGUSTIN, R., & MACHFUD FAUZI, A. (2019). RASIONALITAS PEMILIH BUPATI TULUNGAGUNG PADA PILKADA TAHUN 2018 (STUDI DI KEL. KENAYAN, KEC. TULUNGAGUNG, KAB. TULUNGAGUNG). Paradigma, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/28982
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 45