RASIONALITAS PELAKSANAAN “INTERNSHIP PROGRAM” PADA SEKOLAH BERBASIS AGAMA

  • MUHAMMAD CHOIRUL ALVIN NISYAM
  • AGUS MACHFUD FAUZI

Abstract

SMP Islam Manbaul Ulum memiliki program sekolah yang menarik untuk tingkat sekolah menengah pertama. Program tersebut adalah Internship Program, program yang mendatangkan mahasiswa atau mahasiswi bahkan bisa seorang aktifis dari luar negeri untuk bisa magang disekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan mengenai rasionalitas Internship Program dan pelaksanaannya pada sekolah berbasis agama. Peneliti menggunakan teori rasionalitas yang dikemukakan oleh Max Weber sebagai dasar analisis data. Penelitian ini hanya menggunakan 2 tipe rasionalitas, yakni rasionalitas instrumental dan rasionalitas nilai/tujuan. Hal tersebut dikarenakan karena temuan data yang ditemukan oleh peneliti dalam proses penelitian hanya mengarah pada tipe rasionalitas instrumental dan rasionalitas nilai/tujuan. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan verstehen. Penggunaan pendekatan tersebut memiliki tujuan yakni agar kedekatan antara informan dengan peneliti bisa terjalin dengan baik, sehingga bisa memperoleh data terperinci sesuai dengan fenomena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Internship Program memberikan dampak positif bagi seluruh warga sekolah dalam menumbuhkan atmosfer berbahasa Inggris.

Kata Kunci: Internship Program, Max Weber, Bahasa Inggris

Published
2020-05-29
How to Cite
CHOIRUL ALVIN NISYAM, M., & MACHFUD FAUZI, A. (2020). RASIONALITAS PELAKSANAAN “INTERNSHIP PROGRAM” PADA SEKOLAH BERBASIS AGAMA. Paradigma, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/33770
Section
Articles
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 112