KONFLIK KEPENTINGAN PADA AKTIVITAS PERDAGANGAN DI PASAR KARAH SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah; (1) Mengidentifikasi dan menganalisis penyebab munculnya konflik pada kelompok-kelompok kepentingan; (2) Mengidentifikasi dan menganalisis bentukbentuk konflik pada kelompok kepentingan; (3) Mengidentifikasi dan menganalisis dampak konflik pada kelompok-kelompok kepentingan; (4) Mengidentifikasi da menganalisis metode penyelesaian konflik pada kelompok-kelompok kepentingan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan perspektif teori struktural konflik Ralf Dahrendorf. Subjek penelitian ini adalah Warga, Pedagang, Tukang Parkir, dan Koperasi. Penelitian ini
menggunakan teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara mandala, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa; (1) Penyebab konflik di Pasar Karah dilatarbelakangi oleh faktor kebersihan, akses jalan, serta relokasi Pasar yang melibatkan Koperasi, Pedagang, serta Warga; (2) Bentuk konflik di Pasar Karah terjadi dimana kelompok kepentingan menyadari yang mereka perjuangkan yaitu untuk berada pada lingkungan yang
nyaman; (3) Dampak konflik menyebabkan terjadinya perselisihan yang disebabkan karena adanya ketidakseimbangan di dalam sistem sosial pada aktivitas perdagangan; (4) Penyelesaian konflik dilakukan untuk meredam konflik agar tidak terjadi lagi di kemudian hari dengan melakukan penutupan dengan pembatas Pasar di setiap pintu masuk, melakukan penataan lokasi berjualan, serta relokasi Pasar yang di tawarkan oleh Pemerintah Kecamatan setempat.
Keywords: Conflict, Market, Authority, and Interest Group
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 226
,
PDF Downloads: 562