Rasionalitas Mahasiswa Tingkat Akhir Bermain Game Online
Abstract
Fenomena mahasiswa tingkat akhir yang bermain game online banyak ditemui di Indonesia. Berdasarkan penelitian sebelumnya, aktivitas bermain game online lebih sering dianggap memberikan dampak negatif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami rasionalitas mahasiswa tingkat akhir dalam bermain game online di Kalurahan Condongcatur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam terhadap lima mahasiswa tingkat akhir yang bermain game online. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teori tindakan sosial Max Weber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan rasional instrumental, rasionalitas nilai, dan tindakan afektif menjadi dominan dalam aktivitas bermain game online, sementara tindakan tradisional tidak ditemukan. Kesimpulannya, mahasiswa tingkat akhir di Kalurahan Condongcatur bermain game online dengan pertimbangan pragmatis, keyakinan terhadap nilai tertentu, atau untuk memenuhi kebutuhan emosional.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

