Modal Sosial dalam Praktik Calo Tiket Konser di Surabaya

Authors

  • Dimas Arya Universitas negeri surabaya

Abstract

Penelitian ini membahas praktik calo tiket konser di Surabaya dalam perspektif modal sosial. Fenomena ini menunjukkan bagaimana hubungan sosial, kepercayaan, dan jaringan informal menjadi modal penting bagi para calo untuk memperoleh, mendistribusikan, dan menjual tiket konser. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi serta wawancara mendalam, ditemukan bahwa calo memanfaatkan jaringan komunitas serta informasi eksklusif yang tidak dimiliki oleh pembeli umum. Modal sosial ini menciptakan peluang ekonomi, namun juga berkontribusi terhadap praktik ekonomi informal yang tidak transparan. Penelitian ini menunjukkan pentingnya pemahaman atas dimensi sosial dalam aktivitas ekonomi yang tampak sederhana namun kompleks secara struktural.

Kata kunci: modal sosial; calo tiket; jaringan informal; ekonomi informal; konser

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Arya, D. (2025). Modal Sosial dalam Praktik Calo Tiket Konser di Surabaya. Paradigma, 14(2), 21–30. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/71066
Abstract views: 9 , PDF Downloads: 14