Modifikasi Permainan Gobak Sodor Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatihkan Keterampilan Memecahkan Masalah Pada Materi Pemanasan Global.

  • LILIS PITRIANINGSIH
  • LAILY ROSDIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas permainan Gobak Sodor sebagai media pembelajaran untuk melatihkan keterampilan memecahkan masalah pada materi pemanasan global. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap revisi produk. Hasil penelitian adalah validitas media permainan gobak sodor dikatakan valid sebagai media pembelajaran pada materi pemanasan global ditunjukkan pada kriteria isi dengan nilai modus sebesar 3, kriteria penyajian dengan nilai modus sebesar 3, kriteria persyaratan permainan pendidikan dengan nilai modus sebesar 3 dan 4, kriteria kebahasaan dengan nilai modus sebesar 3. Semua aspek mendapatkan kategori baik, sehingga dapat dikatakan valid sebagai media pembelajaran.

Kata kunci : media pembelajaran, permainan gobak sodor, pemanasan global.
Published
2019-05-22
How to Cite
PITRIANINGSIH, L., & ROSDIANA, L. (2019). Modifikasi Permainan Gobak Sodor Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatihkan Keterampilan Memecahkan Masalah Pada Materi Pemanasan Global. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/27697
Section
Articles
Abstract Views: 355
PDF Downloads: 10212