EFEKTIVITAS STRATEGI MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

  • Vira Nabilah Universitas Negeri Surabaya
  • Laily Rosdiana Universitas Negeri Surabaya
  • Aris Rudi Purnomo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas strategi mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari sumber data seperti penelitian terdahulu. Dalam penulisan artikel ini sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer (informasi telaah perangkat pembelajaran) dan sumber data sekunder (artikel penelitian). Data dianalisis dengan cara membandingkan hasil telaah yang didapat dan dihubungkan dengan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada pembelajaran dengan model mind mapping lebih baik dari pada aktivitas belajar siswa pada pembelajaran dengan model konvesional.
Kata Kunci: Strategi Mind Mapping, Hasil Belajar

Published
2021-01-31
How to Cite
Nabilah, V., Rosdiana, L., & Purnomo, A. (2021). EFEKTIVITAS STRATEGI MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(1), 133-138. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38521
Section
Articles
Abstract View: 145
PDF Download: 139