PENGEMBANGAN LKS BERMUATAN AUGMENT REALITY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS Bermuatan Augment Reality untuk siswa SMP yang layak digunakan. Kelayakan LKS Bermuatan Augment Reality ditinjau berdasarkan tiga aspek yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan R&D, meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, telaah, validasi, dan uji coba produk yang dilakukan pada 31 siswa kelas VII-E di SMPN 1 Jabon dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar angket respons siswa, lembar observasi keterlaksanaan, lembar angket motivasi, lembar observasi motivasi, dan lembar tes hasil belajar siswa berupa soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, LKS Bermuatan Augment Reality dinyatakan sangat valid dengan nilai validasi LKS sebesar 96,9% dari keseluruhan aspek penilaian. LKS Bermuatan Augment Reality dinyatakan sangat praktis dengan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95,33% dan hasil angket respons siswa sebesar 97,77% siswa merespons positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan LKS Bermuatan Augment Reality. LKS dinyatakan efektif karena meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan kategori rendah sebesar 6%, kategori sedang sebesar 71% siswa, kategori tinggi sebesar 23% siswa. Berdasarkan hasil validitas, kepraktisan dan keefektifan dapat disimpulkan bahwa LKS Bermuatan Augment Reality layak untuk digunakan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

