KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA SUB MATERI TEKANAN ZAT CAIR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY

  • Laila Fahira Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Budiyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII-G dan kelas VIII-H di SMP Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan yakni pre experimental design dengan satu kelas eksperimen dan satu kelas replikasi. Desain penelitian yang digunakan yakni one group pretest-posttest. Metode pengambilan data yang digunakan adalah metode tes yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung. Data hasil tes dianalisis dengan uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t tidak berpasangan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa secara klasikal meningkat dengan kategori sedang, dengan perolehan n-gain pada kelas VIII-G dan VIII-H secara berturut-turut sebesar 0,51 dan 0,49. Peningkatan yang terjadi menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada rerata peningkatan kemampuan pemecahan masalah di dua kelas subjek penelitian. Berdasarkan penjelasan di atas, proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan model guided discovery dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, tekanan zat cair, guided discovery

Published
2020-12-31
How to Cite
Fahira, L., & Budiyanto, M. (2020). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA SUB MATERI TEKANAN ZAT CAIR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 8(3), 260-266. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38399
Section
Articles
Abstract Views: 214
PDF Downloads: 179